Senin, 14 Desember 2015

Nyamuk

Nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia  - Musim kemarau yang sudah berjalan seputar empat bln., efek yang sangatlah dirasa yaitu udara panas, populasi nyamuk yang menyerbu rumah terasa bertambah. Efek ekonominya biaya pembelian penghilang nyamuk buatan pabrik bertambah tajam. Efek untuk kesehatan, satu diantara anggota keluarga terserang DBD serta mesti dirawat dirumah sakit sepanjang lima hari. Kesimpulannya nyamuk sudah membobol kantong keluarga dengan nilai penting. Kerap membaca panduan serta sempat juga mendengar dari 'orang-orang kampung' di kampung halaman beberapa puluh th. silam bahwa sereh wangi yang saat itu banyak tumbuh di dekat kampung kami bisa dipakai juga sebagai 'obat nyamuk' atau lebih tepatnya pengusir nyamuk, baik berbentuk minyak ataupun berbentuk aslinya tanpa ada di proses. Sereh wangi tidak ada di seputar pemukiman kami di Cimanggis, tetapi sereh bumbu dapur banyak tumbuh di seputar rumah atau beli saja di warung atau di pasar dengan harga seputar Rp 2000/ikat, yang terbagi dalam 4-5 batang sereh. Begitupun minyak sereh (tidak terang apakah ekstrak sereh bumbu dapur atau ekstrak sereh wangi) banyak di jual di pasar hingga apotek, dengan harga sekitar Rp 9000 - 10000/botol kecil.

Mengingat cairan pembunuh serangga buatan pabrik terkecuali mahal, juga saya yakini tak ramah lingkungan dengan kata lain beracun. Kami hentikan sesaat pemakaian toksin nyamuk itu, kami cobalah sepanjang empat hari 'obat nyamuk' tradisional yang ramah lingkungan, yakni sereh serta minyak sereh. Hari 1 serta 2. Saya mencampurkan sebagian tetes minyak sereh kedalam seember air, lantas kain pel di celupkan kedalamnya, diperas serta beberapa besar rumah terlebih kamar tidur, ruangan tamu, ruangan TV, ruangan makan dipel dengan larutan sangatlah encer minyak sereh itu. Berdasarkan penilaian sepanjang dua malam pertama, nyatanya nyamuk menyusut sangatlah riil. Saat nonton TV atau waktu tidur tidak ada lagi serangan hawa berbunyi " ngiiing ngiiing ", bunyi khas nyamuk menyerang mangsanya.

Hari 3 serta 4 Kesempatan ini tak ngepel gunakan cairan sangatlah encer minyak sereh, namun memakai irisan sereh bumbu dapur. Irisan sereh ditempatkan pada suatu wadah, lantas di taruh di pojok-pojok ruang atau di kolong tempat tidur yang diprediksikan jadi sarang nyamuk. Sepanjang dua malam saya amati nyamuk juga hampir tidak ada. Ada sekali 2 x nyamuk nekat hinggap di tangan saat nonton TV, dengan gampang dipukul serta mati he he he..... Rangkuman atas observasi singkat sepanjang empat malam (1- 4 Agustus 2015), info lama bahwa minyak sereh serta sereh dapat mengusir nyamuk dapat dibuktikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar